Yayasan Karya Luhur Nusantara

E-Learning SMP dan SMA Nusantara Balikpapan Permudah Proses Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19

Sebagai bentuk dukungan sekolah dalam proses belajar mengajar adalah dengan penggunaan aplikasi e-learning. Salah satu yayasan pendidikan yang menggunakan aplikasi ini adalah Yayasan Pendidikan Karya Luhur Nusantara yang penerapannya dalam lingkup SMP dan SMA Nusantara.

Metode belajar secara online dengan aplikasi ini tentu sangat memudahkan kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, terlebih saat di tengah pandemi seperti ini. Penggunaan aplikasi ini untuk mengatasi segala hambatan yang terjadi ketika harus belajar di rumah, seperti pengumuman dari guru yang kurang rinci, mudahnya siswa menyontek karena ujian tanpa diawasi oleh guru, kurangnya rasa tanggung jawab siswa karena tugas tidak langsung dikumpulkan di hadapan guru, dan sebagainya.

Penggunaan aplikasi e-learning sangat bermanfaat ke depannya untuk memajukan dunia pendidikan, karena saat ini hampir sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Mulai dari bekerja, berbelanja, hingga belajar.

aplikasi ini dapat dengan mudah di gunakan secara online menggunakan laptop / komputer dan tablet terlebih aplikasi ini juga tersedia di google playstore bagi siswa dan guru agar lebih mudah jika ingin menggunakan dengan smartphone yang dimilikinya, Sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan pun.

Fitur yang Mempermudah Kegiatan Belajar Mengajar

Fitur e-learning yang sangat bermanfaat membuat Yayasan Pendidikan Karya Luhur Nusantara tertarik untuk menggunakannya di lingkungan SMP dan SMA Nusantara. Beberapa fitur tersebut antara lain:

  1. Siswa
  2. Melihat materi berupa teks atau mengunduh materi dalam bentuk file.
  3. Mengirim tugas individu maupun kelompok, mengerjakan soal ujian atau kuis, dan melihat nilai ujian secara langsung (real time).
  4. Melihat 10 nilai tertinggi siswa di kelas.
  5. Melihat daftar soal.
  1. Guru
  1. Membagikan materi berupa teks dan file.
  2. Membuat tugas sesuai kelas, jurusan, dan semester.
  3. Melihat siswa yang sudah mengerjakan tugas.
  4. Membuat soal kuis atau ujian secara acak.
  5. Membagikan ujian sesuai kelas dan jurusan.
  6. Memantau siswa yang sedang mengerjakan ujian.
  7. Merekap nilai siswa.
  8. Dapat melakukan ekspor atau impor data dari Microsoft Excel dan sejenisnya.
  9. Menonaktifkan ujian.
  10. Menonaktifkan tugas.

Harapan Ketua Yayasan Karya Luhur Nusantara atas Penggunaan Aplikasi E-Learning

Menurut Bapak Reza Fachrudin, M.AP selaku Ketua Yayasan Karya Luhur Nusantara, diharapkan dengan hadirnya aplikasi e-learning ini dalam lingkungan belajar SMP dan SMA Nusantara dapat membantu kegiatan belajar mengajar sehingga menjadi lebih baik dan lebih mudah untuk diakses oleh tenaga pengajar serta seluruh siswa  kami kapan pun dan di mana pun.

Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat membantu para siswa dan guru untuk lebih “memahami teknologi”. Sebab hal ini akan menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di masa depan, di mana semuanya akan serba diakses melalui Internet, termasuk pengurusan administrasi sekolah hingga materi pembelajaran karena penggunaannya dianggap dapat lebih efektif dan efisien dalam transfer pengetahuan ke siswa.

Terakhir, semoga dengan adanya bantuan aplikasi ini, dapat serta merta menjadikan sekolah kami menjadi yang terbaik se-Balikpapan dan membantu mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.